FruitLab, Brand Skincare Lokal Pertama dengan Kandungan Utama Ekstrak Buah

Yuhuuuu! First of all, congrats buat FuitLab atas launching produknya! Yep FruitLab ini adalah brand lokal baru. Jujur bangga banget, makin ke sini skincare lokal itu makin bagus dan banyak pilihannya. Padahal jaman gw SMA, moisturizer aja masih lengket parah, tapi dalam waktu kurang dari sepuluh tahun perkembangannya super duper dasyat!!!! Monangeess ga si. Nah pendatang baru kita yang satu ini juga ngga kalah unik dan menarik loh. Kenalan yuk!

Fruitlab ini siapa sih?

Well, menurut gw mereka ini punya konsep yang sangat menarik. Dari jaman dulu kita memang sudah sering menggunakan buah-buahan sebagai perawatan kulit. Salah satu yang paling populer adalah air lemon untuk jerawat. Katanya sih “apa yang bisa kita makan, pasti aman juga buat kulit.” Well, unfortunately that’s not the case guys! Reaksi kimia tidak sesimpel itu. Kenapa? Pertama, pH dalam buah itu beda-beda, contohnya lemon yang punya pH sekitar 2-2.6 yang mana terlalu asam untuk kulit wajah yang pH-nya sekitar 4-5. Kedua, belum tentu kandungan bermanfaat yang ada dalam buah bisa langsung diserap secara maksimal oleh kulit kita, faktornya banyak mulai dari tekstur, ukuran molekul, dll. Ketiga, potensi untuk menimbulkan alergi atau iritasi lebih besar, karena zat-zatnya tidak stabil, kandungan bermanfaatnya belum dipisahkan dari kandungan yang tidak bermanfaat, dll. That’s why menggunakan skincare yang sudah diformulasikan as a skincare adalah pilihan yang terbaik.

Selain menggunakan ekstrak dari buah-buahan, FruitLab juga mengkombinasikan skincare mereka dengan zat aktif lainnya yang memang proven. Sehingga produknya bisa bekerja lebih maksimal. Saat ini mereka punya tiga jenis produk, yaitu 1 Fruit Toner Green Apple, 4 macam Fruit Infused Serum dengan fungsi yang berbeda (brightening, nourishing & moisturizing, Acne Shooting, dan Antiaging) , dan 2 Fruit Cream untuk day and night. Berikut produk-produknya:

Nah kebetulan di sini gw berkesempatan untuk cobain 2 produk mereka, yaitu Fruit Infused Serum Avocado yang ditargetkan untuk kulit berjerawat, dan Fruit Sleeping Cream Blueberry, so without further due kita langsung ke review singkatnya aja ya.

Packaging

Desain packaging mereka colorfull dan ceria, sesuai sama buah-buahan. Warna dari tiap produknya disamin sama ekstrak buah yang dikandung, ijo untuk Fruit Infused Serum Avocado, dan ungu untuk Fruit Sleeping Cream Blueberry. Untuk sleeping creamnya, mereka pakai jar lengkap dengan spatulanya. Sedangkan serumnya menggunakan botol kaca frosted dengan pipet. Menariknya kardus dari serumnya ini dibuka dengan cara ditarik, beda sama produk skincare yang lain. Kardus dari serumnya ini cukup tebal, jadi bisa dimanfaatkan ulang buat nyimpen barang barang kecil.

FruitLab Sleeping Cream Blueberry
FruitLab Sleeping Cream Blueberry
FruitLab Infused Serum Avocado
FruitLab Infused Serum Avocado
Box Fruit Infused Serum

Smell & Texture

Tekstur FruitLab Avocado Serum
Tekstur FruitLab Avocado Serum

Karena produk FruitLab ini memang menjadikan extract buah sebagai salah satu bahan utamanya, wanginya pun bener-bener buah banget. Bahkan langsung kecium waktu boxnya dibuka. Untuk avocado serumnya baunya fresh dan ngasi kesan adem, meskipun dia mengandung parfume tapi menurut gw baunya ngga menggangu, just enough untuk ngasi pengalaman menyegarkan waktu skincarean. Btw, gw ngga ada masalah dengan kandungan pafume di skincare. Texturenya cair, gampang meresap tapi bukan yang sangat cair sampai jatuh-jatuh gitu.

Tekstur FruitLab Blueberry Sleeping Cream sebelum diaduk
Tekstur FruitLab Blueberry Sleeping Cream sebelum diaduk

Sedangkan sleeping creamnya punya bau yang menurut gw bener bener mirip banget sama bedak bayi, wanginya fresh dan powdery. Meskipun dia tidak mengandung fragrance, sleeping creamnya justru punya wangi yang lebih kuat dari pada serumnya, setelah beberapa waktu wanginya ini akan berkurang, tapi bisa jadi notes untuk yang sensitif sama wewangian ya. Texturenya sendiri seperti gel dan ada ekstrak buah yang cair di atasnya, saat dipakai ringan tapi melembabkan, dan ngga bikin gerah. Oh iya pastikan untuk mengaduk creamnya setiap mau pakai ya, biar fruit extract dan gelnya tercampur.

Side by side tekstur serum & sleeping cream FruitLab
Side by side tekstur serum & sleeping cream FruitLab

Result

Karena gw baru pakai produk ini sekitar semingguan, jadi sebenernya masih belum bisa kasih indepth review. But so far gw cocok sama produknya, ngga bikin reaksi buruk apa apa di kulit gw. Gw juga ngerasa dengan pakai Avocado Serum dan Sleeping creamnya jerawat gw yang lagi merah besok paginya jadi lebih kalem. Serum ini juga ngga ngasi sensasi burning atau tingling di kulit gw meskipun dia mengandung exfoliator (Lactic Acid) dan Vit C (Ethyl Ascorbic Acid). Menurut gw as a mix of exfo and vit c serum ini cukup mild. Sleeping Creamnya pun cukup untuk memberi kelembaban ke kulit normal gw sampai pagi. Berikut full ingredient lists-nya:

Conclusion

I think produk ini sangat worth to try. Konsepnya menarik, ingredients mereka juga ok, dan pastinya semua produk mereka sudah memiliki ijin dari BPOM, jadi kita ngga perlu khawatir lagi. Produknya sendiri dibandrol seharga IDR 225k-250k untuk serumnya (tergantung varian), IDR 185k untuk creamnya, dan 200k untuk tonernya. Produk mereka sudah tersedia di Shopee dan Tokopedia. Untuk kepoin brandnya kalian juga bisa ke instagramnya di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s